SUPLEMEN GRAFOLOGI

Terimakasih Sudah Mendaftar & Selamat Menikmati Materinya 🙂

Pendahuluan

affiliate-cartoon-2

Bismillah..

Terimakasih sudah mendaftar di program Suplemen Grafologi. Semoga dengan ilmu-ilmu yang disajikan ini membuat Anda semakin menguasai ilmu grafologi, bisa bermanfaat ilmunya, baik bagi Anda maupun bagi mereka yang Anda analisa tulisannya. Secara garis besar, materi disusun berdasarkan mulai dari sejarah, aplikatif grafologi (tulisan & tanda-tangan), suplemen tulisan anak, analisa kesehatan dan kami tambahkan materi Digital Marketing, dimana ini menjadi salah satu potensi yang sangat bagus sekali untuk melebarkan sayap Anda dalam mensosialisasikan & menjual jasa grafologi Anda. Materi-materi ini kami coba kumpulkan, kami susun sedemikian rupa, kami bikinkan videonya, dan berbagai usaha lain dengan harapan agar mudah Anda pelajari dan Anda pahami. Anda diperkenankan menggunakan materi ini & semua informasi yang berhubungan dengan program yang Anda ambil ini (materi, buku, soft-copy, video, dan materi) hanya untuk keperluan belajar Anda dan laporan yang Anda buat nanti ketika terjun di lapangan. Namun, kami mohon dengan sangat... Anda bantu kami untuk menjaga materi-materi ini dengan Tidak menshare (baik sebagian ataupun semua) materi-materi ini pada orang lain yang tidak terdaftar di program ini. Titip pesan amanah dari saya ini ya, agar materinya tetap terjaga (tidak di duplikasi, 'bocor', dsj). Kalau sekiranya menurut Anda materi-materi ini bermanfaat dan terpikir ada teman / saudara Anda yang cocok dengan materi ini, Anda bisa mereferensikan program ini pada mereka dengan sistem Referal (dimana Anda akan mendapat fee / komisi ketika mereka mendaftar). InsyaAllah saling mutualisme & berkah 🙂 Terimakasih banyak niat baiknya ya.

Loncat Ke Kategori Materi Pilihan Anda:

icons8-class-64

Fundamental Grafologi

Sejarah, Tokoh, 3 Metode Grafologi, Validitas Reliabilitas, dsj

icons8-dictionary-64

Grafologi - Analisa Tulisan Tangan

Materi Grafologi dan Cara Analisa Tulisan Tangan dengan Berbagai Metode: Gestalt (Basic), Circle Psychogram (Klara Roman), Indicator Protocol (Muler)

icons8-check-book-64

Analisa Tanda Tangan

Antara Tulisan dan Tanda Tangan, Sejarah Tulisan & Tanda Tangan, Analisa Tanda Tangan

icons8-find-user-female-64

Tentang Tulisan Anak

Perkembangan psikologis, psikoseksual, psikososial anak - remaja, pentingnya belajar menulis pada anak, primary vs secondary hand, analisa tulisan tangan anak dan perkembangannya

icons8-health-book-64

Grafologi Medis

Indikator kesehatan dari tulisan tangan, Dyslexia, Kanker, Tulisan & Otak

icons8-budget-64

Bonus

Digital Marketing

Fundamental Grafologi

Sejarah Grafologi Serta Tokoh yang Berpengaruh Dalam Perkembangan Ilmu Grafologi

Disini Anda akan belajar mengenal sejarah grafologi, tokoh-tokoh yang berpengaruh seperti Michon, Klages, Pulver, Klara Roman, Erika Karohs, dkk, termasuk perkembangan metode yang terjadi dimasanya. Dengan memahami sejarah dan mengenal tokoh-tokoh grafologi, akan semakin membuka wawasan kita lebih luas lagi dan diharapkan akan semakin bijak dalam menghadapi perbedaan-perbedaan metode grafologi di lapangan. Selain itu juga akan membantu kita sendiri dalam melakukan pemetaan ilmu grafologi yang kita miliki.

3 Metode Besar Grafologi

Dari berbagai metode grafologi yang Anda, bisa dikerucutkan kedalam 3 Metode Besar, yaitu: Traits (Prancis), Gestalt (German), Holistik.

Pemahaman di 3 metode ini cukup penting Anda fahami karena akan berdampak pada sudut pandang ketika melakukan analisa grafologi nanti. Apakah sudah cukup memasukkan apa-apa yang dibutuhkan dalam menggambarkan kepribadian, atau ternyata masih perlu di tambah dengan aspek / tanda lain sehingga lebih akurat dan sesuai analisanya.

Pentingnya Data Klien dan Lembar Riwayat Hidup

Dalam analisa grafologi, kita tidak hanya berkutat dengan Tulisan saja, tapi juga perlu adanya data-data pendukung yang dapat melengkapi hipotesa analisa kita. Disini Anda akan belajar mengenai format Form Riwayat Hidup, apa saja isinya, serta penjelasan kenapa poin itu penting untuk diperhatikan (seperti usia, urutan kelahiran, pengalaman organisasi, kesehatan penulis, dsj)

Perbedaan Grafologi & Grafonomi

Tidak semua Grafolog adalah Grafonom. Begitu pula sebaliknya. Namun sayangnya, diluar sana banyak yang tidak tahu perbedaan ini, termasuk calon klien Anda. Materi ini perlu kita fahami agar dapat lebih mudah, lugas dan jelas dalam membedakan bidang grafologi ini.

Validitas & Reliabilitas Grafologi (PDF)

Salah satu ‘pertanyaan abadi’ di dunia grafologi. Bila Anda hendak terjun sebagai seorang grafolog profesional, maka siap-siap untuk menjawab pertanyaaan terkait hal ini seperti: “Apakah Grafologi Science atau PseudoScience ? Bagaimana Reliability & Validitynya? Mana penelitiannya? Kenapa kok saya search di google, menunjukkan bahwa grafologi adalah ilmu ramal? Bagaimana penjelasannya?” Disini kami menyiapkan berbagai informasi tersebut untuk Anda dalam bentuk PDF

GRAFOLOGI

Di bagian ini Anda akan belajar 3 metode analisa tulisan tangan:

(1) Gestalt (Fundamental: Ruang – Bentuk – Gerak); (2) Indikator Protokol; (3) Psychogram Klara Roman

Metode Gestalt (R, B, G)

Metode ini merupakan salah satu landasan fundamental grafologi.  Sifatnya cukup penting untuk difahami karena menjadi langkah awal dalam melakukan analisa grafologi. 

Metode ini pula yang paling umum dipelajari dalam dunia Grafologi. (Bahkan bila Anda beli buku-buku Grafologi di toko buku, atau mengikuti seminar 1~2 hari, materi ini yang biasanya dipelajari).

Dalam metode Gestalt ini, tanda-tanda Grafologi dibagi kedalam 3 kelompok besar:

  1. – Ruang (R): Ukuran Tulisan, Zona dalam tulisan, Spasi, Kemiringan (Slant), Tepi tulisan (Margin), Baseline
  2. – Bentuk (B): Bulat, Garis, Tajam, Bergalur (Thready)
  3. – Gerak (G): Kecepatan, Tekanan, Tebal/Tipis

Sekali lagi, meskipun ini merupakan basic dalam ilmu grafologi, namun serupa dengan tes grafis pada umumnya, Metode ini cukup penting karena sebagai ‘fundamental’ dalam menganalisa tulisan tangan secara keseluruhan.

Metode Indicator Protocol

Sebagian besar grafolog dari Eropa mendasari penelitian mereka pada protocol indicator berbentuk psikogram dengan mempertimbangkan sekitar 20 variabel dari berbagai tanda yang ditemukan dalam tulisan.

Protokol ini dikembangkan sesuai dengan prinsip-prinsip kontraksi (contraction) dan pelepasan (release) dari factor grafis dengan keseimbangan ritmis sebagai norma dasarnya. Ketika contraction lebih dominan: Gerakan terbatas atau dibatasi akan terjadi. Ketika release lebih dominan: Gerakan ekspansif atau lepas akan tampak.

Protokol ini dibagi dalam 7 kolom, mulai dari contraction ekstrim hingga realease ekstrim, dengan nilai “0” yang mewakili “nilai tengah” yang menunjukkan keseimbangan. Dilengkapi dengan berbagai teknik menghitung tanda-tandanya, juga formnya, sehingga memudahkan Anda dalam melakukan analisa tulisan tangan

Metode Psychogram (Klara Roman)

Salah satu metode analisa grafologi yang cukup sistematis dalam menggambarkan aspek kepribadian secara lengkap. Psychogram Grafologi karya Klara Roman ini disusun dengan rapih sekali dengan pembagian zona grafik dalam bentuk lingkaran yang memudahkan analis dan klien dalam melihat potensi diri dan hambatan dirinya. Dalam Psikogram ini, aspek kepribadian di bagi kedalam 40 faktor yang dikelompokkan ke dalam 8 kelompok besar yang menjadi acuan di psikogram Klara G Roman. 

Dikembangkan pada rentang tahun 1946-1961 di New School for Social Research. Validasi spesimen ini telah dilakukan untuk mengecek aspek-aspek dalam analisa tulisan tangan dan telah dipublikasi di jurnal ilmiah Grafologi. Psikogram seperti ini serta turunannya masih cukup sering dipakai di sekolah-sekolah grafologi di Amerika (USA) sana.

ANALISA TANDA TANGAN

Materi awal adalah pengenalan persamaan dan perbedaan antara tulisan dan tanda tangan serta makna masing-masing dan kompatibilitynya. Bagaimana bila selaras, bagaimana bila tidak selaras, dan berbagai kasus lainnya.

Sejarah Tulisan & Tanda Tangan

Materi ini menambah wawasan Anda terkait sejarah tentang tulisan & tanda tangan. Juga menjawab kenapa ada tulisan yang dari kiri ke kanan (seperti kita nulis sehari-hari dengan Bahasa Indonesia), juga ada yang kanan ke kiri (seperti Bahasa Arab). Bagaimana sejarah awal mulanya tulisan tangan, kapan mulai tersusunnya tulisan secara alfabetis, sampai terciptanya bentuk huruf latin saat ini, termasuk kapan munculnya huruf-huruf vokal (a-i-u-e-o) yang mana zaman dulunya tidak ada huruf vokal ini. Bahasan yang jarang Anda temui di tempat lain.

Tulisan vs Tanda Tangan

Tanda Tangan erat kaitannya dengan tulisan tangan. Bahkan tidak lengkap bagi kita bila hanya melakukan analisa hanya dari tanda tangan saja. Perlu diikuti dengan tulisan tangan. Kenapa seperti itu? Apa persamaan dan perbedaan antara tulisan & tanda tangan? Bagaimana kalau tulisan & tanda tangan selaras, atau kalau tidak selaras? dan bahasan tentang Tulisan vs Tanda Tangan lainnya bisa anda pelajari di video ini.

Saran: tonton materi video ini dulu sebelum melanjutkan ke materi tanda tangan berikutnya

Teknik Analisa Tanda Tangan

Disini Anda akan belajar teknik cara baca tanda tangan. Aspek-aspek apa saja yang perlu diperhatikan seperti: ukuran tanda tangan, penempatan, tipe atau jenis tanda tangan, posisi, arah, bentuk, dan berbagai makna dibalik tanda tangan lainnya. Ilmu yang sangat terpakai untuk sehari-hari (dari pengalaman kami dan siswa-siswa kami, sering ada yang meminta analisa hanya dari tanda tangan saja. Materi ini disiapkan untuk menjadi bekal Anda menganalisanya.

Teknik Analisa Tanda Tangan (versi 2)

Di versi 2 ini Anda akan belajar makna tanda tangan pada tanda tangan yang menyertakan nama keluarga / nama pasangan di tanda-tangannya (seperti yang umum ditemukan pada tanda tangan di USA, Eropa, dsk).

"SUPLEMEN" GRAFOLOGI PADA ANAK & SEKOLAH

Melengkapi pemahaman mengenai Perkembangan Psikologi Anak, Perkembangan Kemampuan Menulis, dan berbagai topik bahasan seputar pengaplikasian grafologi pada anak dan pada sekolah

Perkembangan Psikologis Anak dari Kecil hingga Remaja

Dalam menganalisa tulisan anak, kita perlu memahami terlebih dahulu periode perkembangan psikologis anak dari kecil hingga remaja. Bahasan ini akan menambah wawasan Anda terkait hal tersebut.

Perkembangan Psiko-Seksual dan Psiko-Sosial Anak hingga Remaja & Tanda dalam Tulisan Tangannya

Menyambung bahasan sebelumnya, disini Anda akan belajar cukup lengkap berkaitan dengan urutan perkembangan Psikoseksual (Freud) & Psikososial (Erikson), sehingga Anda bisa melihat periode-periode ‘normal’ perkembangan anak kecil. Tidak itu saja, Anda juga akan dibekali dengan tanda-tanda dalam tulisan tangan yang sesuai dengan rentang perkembangan tersebut.

Perkembangan Kemampuan Menulis Pada Anak hingga Remaja

Materi ini sangat penting difahami bila Anda nanti berhubungan dengan analisa tulisan anak. Disini, Anda akan belajar mengenai rentang-rentang usia dan perkembangan kemampuan menulis mereka mulai dari baru lahir sampai periode remaja akhir

Pentingnya belajar menulis (terutama menulis sambung) pada anak-anak

Didasari berbagai penelitian mengenai pentingnya belajar menulis (terutama menulis sambung) pada anak-anak sehingga materi ini cukup perlu difahami bukan oleh Anda sebagai analis grafologi saja, namun juga bisa Anda sampaikan kepada para orang tua, sekolah, dan instansi terkait tentang pentingnya hal ini. Disini Anda akan dibekali berbagai pemahaman, penelitian, pengaruhnya pada otak, dan sebagainya. 

Primary & Support Hand

Kapan seorang anak menggunakan tangan kanan, kapan menggunakan tangan kiri, kenapa penting memperhatikan hal ini pada anak-anak akan di bahas di materi ini untuk melengkapi Anda dalam berhubungan dengan tulisan anak-anak

Menulis vs Menggambar + Cuplikan Doodle Test

Ada saatnya dimana anak kecil belum bisa menulis, atau tidak mau menulis. Untuk hal ini, sedikit banyak bisa di bantu dengan tes gambar, salah satunya jenis tes Doodle Test. Disini Anda akan dibahas mengenai perbedaan menulis dan menggambar pada anak-anak. Disertai dengan cuplikan materi tentang Doodle Test itu sendiri

"SUPLEMEN" GRAFOLOGI MEDIS

Grafologi erat kaitannya dengan neurologis tubuh penulis, mulai dari kaitannya dengan area otak, dengan gangguan motorik fisik, dan berhubungan dengan kesehatan penulis. Bagian ini membekali Anda untuk mendalami kaitan ilmu grafologi dengan dunia medis (catatan: meskipun diberikan indikator gangguan kesehatan dari tulisan, namun tetap tidak disarankan menggunakan analisa ini untuk diagnostik utama penyakit. Konsultasi ke dokter tetap dibutuhkan untuk mendiagnosa kesehatan dan gangguan seseorang)

Tulisan Tangan & Kaitannya dengan Otak

Materi ini mebahas tentang area-area otak dan hubungan antara tulisan dengan otak tersebut. Tidak itu saja, Anda juga akan dibekali dengan kaitannya gangguan pada otak (misal kecelakaan pada otak) dan jejaknya pada tulisan tangan.

Grafologi & Kanker

Salah satu penelitian yang cukup intensif dalam dunia medis adalah keterkaitan tulisan tangan dengan penyakit kanker. Disini Anda akan dibekali dengan tokoh dan contoh penelitian pada penderita kanker.

Dyslexia & contoh Grafoterapinya

Dyslexia (salah satu gangguan dalam membaca, menulis) umumnya mulai terlihat pada usia kelas 2 SD. Disini Anda akan dibekali dengan pemahaman apa itu dyslexia, indikatornya dalam tulisan, serta contoh grafoterapinya.

Teknik Analisa Indikasi Kesehatan / Gangguan Kesehatan dari Tulisan Tangan

Ini merupakan salah satu suplemen materi yang cukup menarik sekali dimana Anda akan belajar berbagai tanda dalam tulisan tangan dan kaitannya dengan indikasi gangguan kesehatan penulis (catatan disclaimer lagi: tidak disarankan untuk menjadi diagnostik utama! perlu konsultasi ke dokter ahli terkait indikasi gangguan kesehatan!)

BONUS "SUPLEMEN" DIGITAL MARKETING

Ilmu ini bisa dibilang “sangat penting” bagi anda yang ingin mencoba menjual jasa layanan Anda secara online. Baik grafolog, psikolog, trainer, dan berbagai layanan lainnya bisa dioptimalkan dengan Digital Marketing ini. Disini Kang Aviv akan berbagi ilmu dan pengalamannya untuk menjual jasa grafologinya dengan mengoptimalkan dunia online dan Digital Marketing.. Pengalaman yang cukup berharga sekali bagi Anda yang ingin terjun di bidang ini dan meluaskan jangkauan klien Anda

Membuka wawasan pentingnya Digital Marketing & Langkah-Langkahnya

Anda akan dipandu dalam melihat peta (mapping) gambaran pentingnya terjun dan mempelajari Digital Marketing. Seperti khas Kang Aviv pada sebelumnya, Anda akan dijelaskan secara jelas dan sistematis sehingga diharapkan memunculkan inspirasi dan semangat pada Anda untuk mendalami “dunia maya” ini secara profitable.

Langkah "Jualan & Promosi" di Facebook & Instagram

Saat ini, ada 4 jalur promosi digital yang dinilai paling menguntungkan: Google, Youtube, Facebook & Instagram. Dengan menguasai satu saja, akan dapat berdampak cukup signifikan pada bisnis Anda. Disini Anda akan belajar 2 diantaranya: Facebook & Instagram baik yang organik maupun yang berbayar. 

Kumpulan Link Rekomendasi

Setelah Anda memahami pentingnya Digital Marketing dan wawasan terkait, kami menyiapkan berbagai informasi rekomendasi untuk pendalaman materi dan teknisnya. Disaring dari pengalaman Kang Aviv dalam belajar pada guru-guru hebat (suhu) diluar sana. Memudahkan Anda dalam mencari guru-guru profesional dibidang ini dengan track record mengajar yang cukup “jempol”!

SEMOGA SUKSES & SAMPAI JUMPA

aviv foto circle
Kang Aviv
(Syibly Avivy A. Mulachela)

Copyright © 2019 - Syibly Avivy A.M - All Right Reserved.